MENANG ATAS PENCOBAAN

Setiap orang tidak lepas dari yang namanya pencobaan. Pencobaan dilancarkan oleh iblis (Yakobus 1 : 13) dengan tujuan untuk menjatuhkan kita, tetapi apabila kita menang terhadap pencobaan itu, pencobaan justru menjadi sarana untuk membuat kita naik level dalam hal kerohanian dan keimanan kita. Bagaimana cara kita menang terhadap pencobaan? Gembala Sidang/Pembina menyampaikan pesan Tuhan yang sangat kuat bagaimana kita bisa menang terhadap pencobaan seperti Tuhan Yesus saat DIA dicobai.

1.      Penuh dengan Firman.
Penuh dengan Firman Tuhan tentunya bukan berarti kita memenuhi isi kepala kita dengan doktrin-doktrin dan pemahaman teologia dari berbagai aliran yang ada. Belajar teologia adalah hal yang baik, namun penuh dengan Firman Tuhan berarti kita mengisi hidup kita dengan Firman Tuhan, melalui pembacaan Alkitab setiap hari; serta hidup sesuai dengan kebenaran Firman Tuhan.
Yosua 1:8 “Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung.”

Kalau hidup kita diisi penuh dengan Firman Tuhan, Firman Tuhan akan menuntun langkah kita untuk tetap berjalan dalam jalurnya Tuhan. Sehingga kita dimampukan untuk bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis dalam Firman Tuhan. Saat pencobaan datang dan berusaha menjerumuskan kita untuk menyimpang dari kebenaran Firman Tuhan, kita sudah memiliki bekal untuk bertahan terhadap segala pencobaan itu.

2.      Penuh dengan Roh Kudus.

Efesus 5:18  “Dan janganlah kamu mabuk oleh anggur, karena anggur menimbulkan hawa nafsu, tetapi hendaklah kamu penuh dengan Roh,...”
Kalau hidup kita penuh dengan Roh Kudus, kita memiliki kuasa yang besar yang mempukan kita melawan segala bentuk pencobaan yang dilontarkan oleh iblis terhadap kita, sebab Firman Tuhan berkata dalam 1 Yohanes 4 : 4-b  sebab Roh yang ada di dalam kamu, lebih besar dari pada roh yang ada di dalam dunia.

Beberapa ciri yang nampak dari orang yang penuh dengan Roh Kudus adalah sebagai berikut :

  1. Memiliki Buah Roh dalam hidupnya (Galatia 5:  22-24).
  2. Hidup dipimpin Roh Kudus (Galatia 5 : 25).
  3. Tunduk kepada Allah. (1 Korintus 12 : 3).

3.      Memperkatakan Firman Tuhan.

Firman Tuhan adalah pedang Roh (Efesus 6:17), yg merupakan senjata kita dalam peperangan rohani. Saat Tuhan Yesus dicobai, Tuhan Yesus senantiasa melawan serangan iblis dengan mengutip serta memperkatakan Firman Tuhan, dengan mengatakan : “sebab ada tertulis...dan kemudian Tuhan Yesus mengutip ayat Firman Tuhan.

Saat iblis bermaksud mencobai kita, jangan berdiam diri. Lawanlah iblis dengan cara memperkatakan Firman Tuhan. Untuk itu penting sekali bagi kita untuk memiliki ayat-ayat hafalan yang senantiasa dapat kita perkatakan didalam peperangan rohani. (DL).