MENGHALUSKAN KULIT

Kulit merupakan bagian yang tak luput dari penampilan, sebab tak urung pekerjaan pun juga menuntut mempunyai kulit yang halus atau biasanya disebut yang berpenampilan menarik. Namun Anda tak usah khawatir, agar kulit Anda dapat halus dan sehat, ada banyak cara yang dapat dilakukan. Menghaluskan kulit tidak harus melakukan perawatan ke salon kecantikan. Di bawah ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan di rumah untuk mendapatkan kulit yang halus, yaitu :

 

- Madu

Madu merupakan cairan yang dihasilkan lebah madu berkhasiat menyehatkan tubuh, kecantikan, obat dalam maupun obat luar. Namun madu juga dapat digunakan untuk perawatan kulit agar lebih halus lagi. Caranya cukup mudah yaitu dengan mengoleskan madu sebelum tidur dan diamkan hingga pagi hari lalu basuh menggunakan air bersih. Namun Anda harus lebih waspada saat membeli madu sebab banyak juga yang menjual madu palsu. 

- Daun kemetir/petai cina

Kita ambil menurut keperluan terus kita tumbuk/lembutkan lalu campur sedikit air saat menumbuk agar menjadi lumat. Cara menggunakannya, gosokkan hasil tumbukkan tadi ke kulit, lakukan cara ini seminggu dua kali maka kulit Anda akan halus dan licin.

- Jeruk Nipis

Jeruk nipis juga dapat Anda gunakan untuk menghaluskan kulit selain untuk memutihkan dan menghilangkan jerawat. Cara menggunakannya cukup mudah yaitu potong jeruk nipis menjadi beberapa bagian lalu gosokkan potongan tersebut pada kulit Anda. Untuk hasil yang lebih baik gunakan cara ini saat menjelang tidur dan diamkan semalam.

- Bengkuang

Selain rasanya yang enak ternyata bengkuang juga baik untuk kulit kita, banyak kosmetik-kosmetik yang menggunakan bahan dasar buah ini. Cara menggunakannya kupas bengkuang lalu bersihkan hingga bersih setelah itu Anda blender atau diparut agar lumat dan gunakan sebagai masker saat menjelang tidur.

- Teh Basi

Terkadang teh yang sudah basi dibuang begitu saja namun ternyata teh yang basi juga masih bermanfaat untuk kecantikan. Caranya air teh yang sudah basi digunakan untuk cuci muka seraya digosok-gosok. Lakukan cara ini setiap hari secara teratur maka kulit Anda akan halus dan bersih.

- Putih Telur

Telur yang biasanya dimakan, ternyata juga dapat digunakan dalam kecantikan. Caranya yaitu ambil putih telur saja lalu campur dengan perasan jeruk nipis. Lalu gunakan sebagai masker untuk wajah Anda. Diamkan beberapa saat hingga benar-benar mengering lalu basuh menggunakan air bersih.

- Alpukat

Alpukat dapat juga digunakan untuk menghaluskan kulit, dengan cara mengambil daging alpukat lalu lumatkan dan gunakan dengan cara menggosoknya pada kulit Anda beberapa saat. Jika sudah, basuh muka Anda menggunakan air bersih, gunakan cara ini secara teratur agar terlihat hasilnya.

- Susu

Susu yang biasanya kita minum di saat pagi hari ini juga dapat digunakan untuk menghaluskan kulit. Namun jangan memakai susu kalengan atau susu bubuk, gunakan susu murni dari susu sapi segar. Dan gunakan susu tersebut untuk membasuh muka Anda. Cara menggunakannya mudah, gunakan tisu lalu berikan sedikit susu dan gosok-gosokkan pada kulit wajah Anda secara teratur.

- Lidah Buaya

Lidah buaya memang banyak dibicarakan akan khasiatnya untuk kesehatan dan kecantikan. Lidah buaya juga dapat digunakan untuk menghaluskan kulit wajah Anda. Caranya cukup mudah, gunakan gel yang terdapat pada lidah buaya sebagai cream malam hari. Gunakan saat menjelang tidur dengan mengoleskannya pada wajah Anda dan diamkan hingga pagi hari lalu basuh menggunakan air bersih.

- Tomat

Selain tomat yang digunakan sebagai bahan sayuran ternyata tomat juga dapat digunakan untuk menghaluskan kulit. Caranya juga mudah ambil tomat lalu potong menjadi empat bagian. Gunakan satu bagian saja lalu lumatkan, hasil lumatan tersebut Anda gunakan sebagai masker menjelang tidur malam.

- Timun

Timun memiliki manfaat untuk kulit juga caranya potong timun tips-tipis lalu tempelkan potongan tersebut pada wajah Anda menjelang tidur. Gunakan cara ini secara teratur niscaya wajah Anda akan bersih dan lembut.

- Minyak Zaitun

Zaitun terkenal dengan manfaatnya yang dapat digunakan sebagai obat maupun untuk kecantikan. Caranya cukup mudah, usapkan minyak zaitun pada kulit wajah Anda menjelang tidur dan gunakan secara teratur.

Selain itu biasakan selalu membersihkan muka dengan susu pembersih sebelum tidur malam kalau tidak ada bisa gunakan air hangat.

Seminggu sekali pakailah lulur untuk menghilangkan kotoran yang melekat serta mengganti kulit air.

Bila Anda bekerja atau olahraga di bawah terik sinar matahari juga jangan lupa mengoleskan krem pelindung supaya sinarnya yang terik tidak langsung menyengat kulit kita.

“Hai anakku, janganlah pertimbangan dan kebijaksanaan itu menjauh dari matamu, peliharalah itu,” (Amsal 3 : 21) 


Berbagai Sumber
TeamPortal